Landing Page Adalah Halaman Website yang Seperti Ini – Simak

Dulunya saya sendiri bingung, apa yang dimaksud dengan landing page. Dari namanya saja sudah menggunakan bahasa inggris, sehingga membuat orang yang membacanya biasanya langsung ilfil untuk mencari tahu. Dulu juga saya beranggapan seperti itu, sampai akhirnya saya menyadari kalau kita tidak tahu, maka kita sendiri yang rugi.

Nah, sekarang saya sudah memahami apa itu landing page, dan saya akan mengajarkannya kepda teman-teman semua supaya dengan pemahaman yang benar, maka teman-teman bisa jualan lebih banyak dan lebih besar keuntungannya.

Landing page adalah sebuah halaman website yang fungsi dan tujuan utamanya adalah mendaratkan atau menangkap para pengunjung, biasanya ditandai dengan adanya penawaran (offer). Gampangnya lihat contoh gambar berikut :

Contoh Landing Page adalah website seperti ini

Beberapa jenis landing page adalah sebagai berikut:

1# Squiz Page

Biasanya halaman seperti ini ditujukan untuk menangkap data para pengunjungnya dengan iming-iming sesuatu yang gratisan. Gratisan tersebut dinamakan Leads Magnet. Denga tujuan, ketika mereka atau pengunjung memasukkan nama dan email mereka, maka dilain waktu kita dapat mengirimkan pembelajaran atau promosi-promosi berikutnya. Gambarnya seperti di bawah ini:

landing page berbentuk squiz page

2# Video Page

Pada intinya sih mirip saja dengan Squiz Page, hannya saja dengan cara menempatkan video di halaman landing page tersbeut. Biasanya pada video tersebut ada pemberitahuan terlebih dahulu, atau penjelasan-penjelasan singkat dan sederhana.

Tujuan utamanya tetap sama saja, yaitu mendapatkan kontak baik itu nama dan email para pengunjungnya, setelah itu nantinya akan mudah memberikan informasi atau promosi kepada mereka.

3# Halaman Page atau Post

Dari namanya saja sudah halaman page atau post. Itu artinya halaman ini difungsikan untuk memberikan sebuah informasi atau postingan rutin.

Lalu bagaimana cara membuat landing page?

Cara membuat Landing page ada 2 yaitu dengan cara manual atau koding dan dengan cara otomatis atau biasa disebut dengan Drag and Drop.

Cara manual adalah cara yang cukup sulit, mengingat kita HARUS memiliki kemampuan koding HTML dan CSS supaya terlihat bagus tampilannya.

Untuk Anda yang bisa koding HTML dan CSS, saya menyarankan agar Anda menggunakan saja Bootstrap atau yang sejenisnya. Ini adalah versi Gratuisan. Dengan begitu, biaya atau dana untuk membuat landing page gratisan bisa Anda buat. Tapi ingat, kemampuan kodingnya harus mumpuni.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan tools. Seperti yang saya gunakan sampai saat ini, saya menggunakan ProfitBuilder. Memang terlihat agak mahal harganya untuk pemula, tapi bagi saya kalau untuk bisnis, kita HARUS berani mengambil sebuah tindakan berani yaitu mengeluarkan modal.

Untuk lebih jelasnya mengenai Landing page dan tutorial lengkapnya, bisa anda klik link berikut ini:

Baca juga: 3 Hal yang Membuat Para Pebisnis Oline Gagal Total

About The Author

Add Comment