Cara Memulai Bisnis Online Modal Kecil Sekali – Pembahasan

Jaman sekarang banyak sekali orang mencari suatu peluang usaha dengan modal yang paling kecil, tidak kecuali juga Cara Memulai bisnis online modal kecil. Sampai-sampai kadang-kadang kita lupa bahwa yang dikatakan modal kecil tersebut sebenarnya relatif. Mengapa bisa dikatakan relatif?

Ukuran kecil setiap orang tidaklah sama. Itu mengindikasikan seringnya kita salah dalam memahami kalimat “Bisnis Online Modal Kecil” atau bahkan bisnis modal kecil. Kita harus sepakat dahulu, bahwa yang dikatakan kecil itu tentu tidk sama untuk semua orang. Oleh karena itu, kita samakan persepsi kita terlebih dahulu.

Cara Memulai Bisnis Online Modal Kecil – Menyamakan Persepsi

Ada beberapa hal yang perlu kita pahami mengenai bisnis online modal kecil:

  1. Modal Produk
  2. Modal Marketing
  3. Modal Pembuatan Website

Paling tidak ada 3 hal tersebut yang perlu kita pisahkan, sehingga bisa katakan apakah modal kita kecil atau besar. Mari kita bahas satu persatu.

1) Modal Produk

dalam dunia bisnis online, kita mengenal yang namanya Dropship. Dropship adalah sebuah aktifitas menjual produk atau barang, yang bisa kita lakukan hannya dengan memajang foto saja TANPA HARUS membeli produk tersebut.

Nah dari pemahaman itu, maka kita dapat menyimpulkan, bahwa bisnis online modal kecil, BENAR-BENAR kecil dalam hal modal untuk pembelian produk. Mengapa? Karena produknya tidak perlu dibeli terlebih dahulu. Artinya kita tidak harus mengeluarkan uang dari kantong kita untuk menjual sebuah produk.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu dropship, silahkan cari penjelasannya dari artikel “Peluang Bisnis Dropship Antar Negara“.

2) Modal Marketing

Bisa dikatakan semua yang namanya bisnis perlu marketing dan promosi. Ini yang biasanya tidak atau kurang diperhatikan orang, bahwa dlam dunia bisnis onlinePUN membutuhkan biaya marketing. Kok perlu biaya marketing? Kan tinggal promosi saja?

Benar! Anda mungkin bisa tanpa biaya marketing, tapi itu akan sangat sulit dan lama sekali sampai akhirnya produk jualan Anda laku. Mengapa? Karena orang lain juga akan beriklan. Jadi muncullan persaingan. Dengan persaingan yang ada, maka kita mau tidak mau harus memenangkan persaingan tersebut dengan cara membuat promosi dan hal ini tentu memakan biaya.

Berapa besarnya biaya promosi atau biaya marketing? Tergantung produknya dan tergantung kesiapan dana Anda tentunya. Tapi saran saya bisa diambil sekitar 20% dari profit Anda agar keuntungan yang Anda adapatkan masih cukup baik.

Jadi apakah bisnis online modal kecil benar-benar kecil modalnya? Jawabannya relatif. Karena banyak orang bisa mengeluarkan biaya marketing sampai puluhan bahkan ratusan juta, sementara bagi beberapa orang saja sangat sulit mengeluarkan biaya marketing 500rb atau 1jt.

3) Modal Pembuatan Website

Namanya bisnis online tanpa memiliki website tampaknya kurang afdol. Mungkin Anda bisa jualan langsung dari e-Commerce seperti lazada, tokopedia, bukalapak dan lain-lain. Tapi ingatlah bahwa itu bukan punya Anda. Jika terjadi apa-apa, maka Anda tidak bisa jualan di e-Commerce orang lain.

Itu sebabnya biasanya saya sarankan agar orang-orang membuat website. Lalu berapa biaya pembuatan websitenya? Ini juga relatif dan keberuntungan. Karena ada orang-orang tertentu bisa mendapatkan jasa pembuatan website dengan harga murah, bahkan kurang dari 1juta rupiah.

Kesimpulannya: apakah ada bisnis online modal kecil? Jawabannya sangat relatif. Tapi kalaupun Anda mengeluarkan modal kisaran 2jutaan sampai 3jutaan, sebenarnya itu modal yang sangat kecil untuk memulai usaha. Jadi mulai hari ini berusahalah. Dan Jika ada pertanyaan atau menginginkan peluang usaha online lainnya, silahkan berikan komentar Anda di kolom di bawah ini. Sukses buat kita semua.

Related Posts

About The Author

Add Comment